Bagaimana Cara Menjaga Kolesterol agar tetap Normal dan Stabil

Bagaimana Cara Menjaga Kolesterol agar tetap Normal dan Stabil .-Kolesterol diketahui sebagai pemicu gangguan kesehatan seperti; hipertensi, gangguan jantung dan juga stoke. Kolesterol sendiri sebenarnya merupakan unsur yag dibutuhkan oleh tubuh, namun jika kadarnya berlebih maka akan mengakibatkan penyakit.

Jika seseorang memiliki gangguan metabolisme kolesterol didalam tubuh,maka perlu diet, berolahraga dan mengkonsumsi obat – obatan yang yang lebih penting lagi konsultasi dan periksa ke dokter.

Namun sebenarnya kita bisa mengontrol dan mengobati tingginya kadar kolesterol. Kita bisa mengendalikan kadar kolesterol tetap normal tanpa harus mengkonsumsi obat – obatan. Yang perlu dilakukan adalah;

  • Mengetahui kadar kolesterol

Untuk memastikan berapa kadar kolesterol kita maka wajib kita cek terlebih dahulu, dan umumnya dokter selalu menyarankan agar kadar kolesterol dibawah 200mg/dl,dengan kadar LDL (kolesterol jahat) dibawah 130mg/dl sedang HDL (kolesterol baik) berada diatas 40mg/dl.

  • Menjaga Keseimbangan Berat Badan

Dengan mengurangi berat badan yang berlebih/kegemukan merupakan salah satu cara mengendalikan kadar kolesterol dalam darah. Dimana dengan berat badan yang berlebih akan dapat mengganggu metabolisme tubuh dalam proses penghancuran lemak. Karena walaupun hanya mengkonsumsi sedikit lemat saja, tetap tidak akan berpengaruh turunnya kadar kolesterol dalam tubuh. Mengurangi 2,5 – 3,5 kg berat badan agar bisa memperbaiki kadar kolesterol.

  • Aktivitas fisik yang rutin

Dengan berolahraga rutin setiap hari maka akan membantu mengendaliakan kadar kolesterol dalam darah. Apapun jenis olahraganya walaupun olah raga ringan hanya dengan berjalan kaki saja asal dilakukan tiap hari sudah membantu meningkatkan kadar HDL, dan usahakan olah raga 30 menit dalam sehari dan dilakukan rutin dalam seminggu atau minimal 5 hari dalam seminggu.

  • Berkenalan dengan lemak yang baik

Apabila seseorang sudah dipastikan telah terdiagnosa memiliki kadar kolesterol tinggi,maka sebaiknya mengkonsumsi makan yang mengandung lemak jenuh tunggal. Dimana biasanya terkandung dalam makanan seperti selai kacang, avokado, minyak zaitun, serta kacang – kacangan yang bisa membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat ) serta meningkatkan HDL ( kolesterol baik ).

Berikut cara mengkonsumsi lemak yang baik :

  • Pilihlah minyak nabati dari pada minyak hewani dalam setiap kesempatan.
  • Baca lebel yang mengandung lemak tak jenuh rantai tunggal atau jamak
  • Ganti daging dengan tahu, kacang atau sayuran
  • Pilih daging segar daripada daging sosis atau kaleng
  • Buang lemak pada daging yang akan dimasak termasuk kulit pada unggas
  • Banyak makan sayuran terutama tahu dan kacang
  • Pakai margarin tak jenuh dari pada butter
  • Pilih susu rendah lemak ( low fat ) dari pada susu full cream
  • Untuk orang dewasa dibatasi 2-3 butir telur dalam seminggu, sedang untuk anak – anak 6-7                      perminggu
  • Kurangi memasak dengan cara menggoreng lebih baik mengkukus, merebus atau memanggang
  • Batasi makanan yang kaya akan lemak
  • Hindari makan babi, kambing, jeroan atau makanan yang mengandung lemak
  • Batasi makan udang,kepiting, atau kerang ( seafood )
  • Jauhi kue yang banyak krim atau minyak
  • Konsumsi buah segar setiap hari.
  • Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat.
  • Mengkonsumsi Multivitamin

Walaupun kita sudah mengkonsumsi makanan sehat untuk tubuh agar jauh dari kolesterol, tetap harus ditambah dengan nutria lain mungkin dengan multivitamin terutama buat penderita kolesterol. Dimana sebaiknya memilih vitamin yang mengandung asam folat

Bagi anda yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi, ada baiknya anda konsumsi obat herbal untuk menurunkan kadar kolesterol anda. Konsumsi Dragon Noni yang merupakan perpaduan buah naga dan mengkudu, sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh anda. Klik obatkolesterol.co.id untuk mendapatkan obat herbal ini tanpa anda harus keluar rumah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s